Deputi Kementrian Koperasi Dan UKM Puji Usaha Pemkab Belitung Promosikan UMKM

Tangerang,- Media Center- Deputi bidang produksi dan pemasaran, Kementrian Koperasi dan UKM, Victoria Br Simanungkalit sanjung usaha yang dilakukan pemerintah Kabupaten Belitung dalam mendorong promosi produk KUKM Belitung. Hal ini disampaika Victoria dalam pembukaan Pekan UMKM dan Pariwisata Belitung di Summarecon Mall Serpong, Tanggerang pada selasa (29/10/2019).

Menurut Victoria tidak banyak pemerintah daerah yang fokus dan komitmen dengan pengembangan KUKM di daerahnya. Belitung adalah salah satu daerah yang dinilai melakukan banyak usaha mengembangkan usaha kecil dan menengah di daerah. Salah satu hal yang dilakukan adalah dengan membantu sertifikasi bagi para pelaku UMKM.

“Saya memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten Belitung yang cukup concern terhadap standarisasi dan sertifikasi yang diperlukan KUKM. Pemerintah kabupaten Belitung juga cukup aktif dalam mempromosikan KUKM baik di skala nasional maupun internasional,” ujar Victoria.

Menurut VIctoria perembangan pariwisata akan seiring sejalan dengan perkembangan UMKM. Majunya pariwisata akan membuat produk UMKM akan ikut maju. Begitupun sebaliknya UMKM tanpa pariwista akan mengalami kelambatan berkembang.

Bupati Sahani Saleh menyebutkan bahwa pemerintah Kabupaten Belitung memang sudah sejak lama melakukan banyak usaha dalam membantu pelaku UMKM. Salah satunya dengan membantu dalam hal kredit usaha.

“Jadi pelaku UMKM bisa pinjam uang di bank. bunganya kita yang bayar, jadi mereka cuman bayar modal,” ujar Bupati Sahani.

Jumlah UMKM Belitung mengalami peningkatan dalam jumlah. Sebelum mencuatnya Laskar Pelangi jumlah UMKM di Belitung baru berjumlah 3000, saat ini jumlah UMKM meningkat hingga hampir 19.000 UMKM.

“Jadi dulu jumlah UMKM di Belitung baru berjumlah 3000, namun sekarang ini sudah 18.900 sekian,” imbuh Bupati Sahani Saleh.

Bupati menyebutkan bahwa Belitung sudah memenuhi standar perbandingan jumlah usahawan dan penduduk indonesia. Penduduk belitung saat ini berjumlah sekitar 180.000 orang. Jika dihitung dari jumlah tersebut berarti lebih dari 10 persen penduduk Belitung belitung sudah menjadi pelaku UMKM.

Pameran produk UMKM dan Kepariwisataan Belitung di Summarecon Mall Serpong ini berlangsung selama 6 hari hingga tanggal 3 November 2019. Selain mempromosikan produk UMKM kegiatan ini juga bertujuan untuk membuka peluang kerja sama bagi pelaku UMKM dengan para penanam modal. (Arlan/Mc-Belitung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + eighteen =